09 June 2011

Prosedur Registrasi Rekanan Melalui eProcurement PT PLN (Persero)

Siapa saya sampai berani nge-post masalah ini?
Anggaplah saya adalah segelintir manusia yang biasa menjawab pertanyaan mengenai cara registrasi sebagai rekanan di PT PLN (Persero) melalui aplikasi eProcurement.

Kenapa harus registrasi?
Karena pengadaan barang/jasa di PLN lebih dari 50% dilakukan melalui aplikasi eprocurement yang dimilikinya, baik pelelangan, pemilihan langsung maupun dengan metode penunjukan langsung.
Jika ada perusahaan yang ingin mengikuti pengadaan barang/jasa maka wajib hukumnya terdaftar menjadi penyedia barang/jasa di aplikasi eprocurement.

Apa yang harus dilakukan sebagai langkah awal menjadi rekanan?
Registrasi online ke aplikasi eprocurement PLN.
Alamatnya : http://eproc.pln.co.id

Bagaimana cara registrasi online?
Akses ke alamat url tersebut, setelah muncul halaman yang berisi profil eprocurement PLN klik logo e-Procurement. Ada di bagian atas, urutan nomor 4 dari kiri berwarna biru cerah.
Selanjutnya akan tampil portal eprocurement. Ada banyak informasi di dalam portal tersebut.
Di kolom bagian kiri atas akan tampil e-Procurement Menu.
Urutan pertama adalah Registrasi Penyedia Barang/Jasa, klik pada gambar gembok.
Setelah itu akan muncul window baru memuat file .pdf yang berisi amanat RUPS, menyatakan ketentuan-ketentuan menjadi penyedia barang/jasa dalam menggunakan aplikasi eprocurement. Silakan dibaca dan di-close jika sudah selesai.
Sedangkan window utama akan berubah menjadi halaman registrasi vendor.
Silakan isi semua field yang diperlukan.

Bisa dibantu menjelaskan pengisian masing-masing field di halaman tersebut?
Oke, bisa. Wani piro?
Hahahaha...becanda :p
Klik aja disini.


Setelah registrasi online, langkah selanjutnya apa?
Datang ke kantor PLN untuk verifikasi data perusahaan.
Kantor PLN yang Anda datangi adalah kantor PLN yang Anda pilih saat registrasi. Bertemu dengan admin wilayah yang bertanggung jawab atas registrasi rekanan eprocurement.
Selain kantor PLN yang Anda pilih tersebut, tidak bisa memverifikasi/menyetujui perusahaan Anda sebagai rekanan.
Setelah registrasi online, di akhir akan mendapatkan cetak bukti registrasi sebagai rekanan. Simpan dalam bentuk file agar bisa dicetak sewaktu-waktu karena fasilitas ini hanya diberikan 1 kali saja setelah Anda selesai registrasi.

Untuk apa verifikasi data?
Agar perusahaan Anda bisa disetujui sebagai rekanan. Registrasi secara online saja tidak otomatis mendaftarkan perusahaan Anda sebagai rekanan. Regsitrasi online hanya langkah awal saja.
Anda juga belum bisa mendaftar pengadaan/diundang mengikuti pengadaan selama belum disetujui sebagai rekanan.

Apa saja yang dibawa saat verifikasi?
Apa ya? Aku juga kurang tahu persis tetapi setahu aku yang dibawa adalah dokumen yang datanya dimasukkan ke eprocurement, seperti npwp, siup, siujk, asosiasi-nya apa aja. Biasanya juga bukti tagihan telepon dan air 3 bulan terakhir, pelunasan pajak dan surat kuasa jika yang melakukan verifikasi data bukan direktur utama. Oh iya, bukti registrasi rekanan juga harus dibawa.

Setelah verifikasi apa lagi?
Jika perusahaan Anda lulus verifikasi, maka akan disetujui sebagai rekanan. Dan jika Anda login ke aplikasi eprcurement akan bertambah 1 menu baru untuk mengikuti proses pengadaan.

Terakhir....
Silakan mengikuti pengadaan secara online di PT PLN (Persero).

Kesannya ribet, tapi sebenarnya simpel.
Proses registrasi online-nya ga lama.
Proses verifikasinya juga ga perlu seharian, selama dokumen yang diperlukan selama verifikasi lengkap dan valid. Anda datang untuk verifikasi hari itu juga langsung disetujui sebagai rekanan. Dan sejak disetujui sebagai rekanan Anda bisa mengikuti pengadaan secara online.
Tenang aja...ini gratis kok. Ga perlu melayangkan uang.

2 comments:

andy said...

Kalo belum sempat menyimpan bukti registrasi online dalam bentuk file, apa yang bisa kita lakukan?
terima kasih.

tea said...

login ke aplikasi eproc dengan username dan password yang sudah didaftarkan. kemudian masuk ke menu sistem, profil pengguna - ubah data perusahaan. Di print halaman web-nya. Karena bukti registrasi rekanan hanya bisa dicektak sekali saja.