Daisypath Anniversary tickers

04 April 2012

Serba-serbi Pernikahan - Souvenir

Vendor : Kios Barokah - Pasar Jatinegara.
Alamat : (lupa)
Model : Tempat tissue kain uk. besar
Harga : 2500
Jumlah : 200





Entahlah apa ini kemahalan atau gak. Dari hasil bolak-balik sih ya dapatnya ini. Udah over budget dari yang sebelumnya cuma 1500/item.
Tapi beruhubung waktu itu aku dan Mas gak punya banyak waktu dan aku pake acara ngambek, jadinya kita sikat aja.
Pesen 200 pcs, dengan rincian 50 warna hijau, 50 biru, 50 pink dan 50 lagi orange.
Estimasi waktu pengerjaan 10 hari. Setelah jadi bisa diantar.
Aku ngasih DP 300 ribu dan menyebutkan lokasi pengiriman. Karena Mas gak mau aku bolak-balik ke Jatinegara ngambil barang.

2 minggu kemudian tidak ada kabar dari kios barokah.
Akhirnya Mas berinisiatif menelepon setelah seminggu lewat dari yang dijanjikan. Awalnya nanya sampai mana progress-nya. Dan berujung pada komplain.
Karena pihak kios seperti saling lempar dan bilang kalau warna hijau gak ada dan menanyakan ingin diganti warna apa.
Oke...artinya pesanan kami belum dikerjakan. Lalu Mas nanya kapan selesai? Dijawab sekitar seminggu kemudian dan menyebutkan hari. Permintaan maaf pertama dikabulkan.

Seminggu kemudian Mas menelpon kembali. Dan kembali dilempar-lempar. Akhirnya pihak kios barokah menelponku sesuai permintaan Mas. Mereka bilang pesanan sudah jadi. Untuk pengiriman dikenakan biaya 50ribu. Loh???... Aku sangat kesal. Pasalnya biaya penyiriman ini tidak disampaikan di awal ketika kami memesan. Dan memang kami tidak menanyakan. Ya..kami berfikir free.
Sebenarnya 50ribu ini tak seberapa, tapi berhubung udah beberapa kali kecewa, jadi aku menolaknya dan komplain.

Pada akhirnya aku yang mengambil ke Pasar Jatinegara ditemani mbak Indun. Warna biru yang aku dapat tak sesuai dengan yang aku pesan. Tp masih masuk biru yang aku toleransi lah. Aku juga malas berdebat lagi untuk kesekian kali.

Kesimpulan dari pemesenan souvenir ini..
Catat dan ingat nama dan wajah pramuniaga yang melayani pesanan kita. Karena kemungkinan besar hanya dia yang tahu apa yang kita pesan dan progresnya. Selain dia hanya plonga-plongo. Seperti kemarin, aku merasa pramuniaga yang lain gak welcome. Berbeda sekali dengan pramuniaga yang memegang pesanan kita. Dan apesnya aku kemarin, pramuniaga yang melayani udah gak ada. Jadi dilempar ke temannya.

Lalu pastikan juga mengenai biaya tambahan tentang semua permintaan tambahan kita. Jadi gak nyesel di belakang.

Selain itu dipastikan dan didiskusikan dengan sangat matang mengenai durasi pengerjaannya. Semacam win-win solution. Jadi penjual dan pembeli sama-sama merasa puas.

Secara keseluruhan aku ngasih nilai 6 skala 10.
Kekecewaan terbesarku adalah mereka tidak komunikatif dan gak komit sama janji.
Sebenarnya aku dan Mas gak memaksa untuk jadi cepat.
Seperti mereka menyebutkan 10 hari selesai. Nyatanya 3 minggu baru selesai. itupun dengan beberapa kali kami telepon.
Misalnya pesanan sedang banyak, kami bisa maklum kalau mereka mau mengkomunikasikannya. Toh kami gak butuh cepat2. Misalnya mereka bilang 3 minggu baru selesai karena masih banyak yang lain. Oke..bisa diterima.
Selain itu, seperti kejadian stock warna habis. Harusnya mereka ngasih tahu. Jadi kami bisa berdiskusi mau ganti dengan warna apa. Bukan diam saja. Masih untung kami telepon jadi segera tahu kalau ada kekurangan dan langsung minta diganti warna lain. Kalau kami gak nelpon terus mau diganti warna apa? Iya kalau cocok sama kami, kalau gak?

Tapi endingnya oke loh. Si Mas pramuniaganya baik dan minta maaf. Meskipun aku udah bosen denger kata maaf dari mereka. Tapi itu artinya mereka mengakui kalau mereka salah.


No comments: