Daisypath Anniversary tickers

13 December 2011

Begini Rasanya Punya Gelar Sarjana

Graduation Day? Lulus Sarjana?
Udah lewat..... Beberapa bulan yang lalu. Alhamdulillah.
Tapi belum pernah di-post di blog. Bagaimanapun kuliah ini adalah perjuangan banget.
Memang pada awalnya masih dimodalin sama Bapak Ibu, bahkan sampai menginjak tahun ke-2. Tapi alhamdulillah...pada akhirnya selesai juga dan dengan biaya sendiri.



Okay, mari kita bercerita.

Awal Kuliah :
Ada asap pasti ada api. Dan perjodohanku dengan Budi Luhur Roxy juga punya sebab. Sebab almusababnya tidak lain tidak bukan adalah teman-teman. Karena begitu banyaknya teman-teman dari Moklet yang melanjutkan ke Budi Luhur Roxy, maka akupun juga demikian.
Ada plus minusnya.
Plusnya pasti banyak, selain bisa nitip absen juga koordinasi tentang tugas-tugas kelompok bahkan sampai mencari kelompok jadi lebih mudah. Semangat saling menolong dan gotong royong juga tinggi, terbukti dari semangat bahu membahu menjawab soal ujian bersama-sama. Wkwkwkwk....
Komunikasi juga satu protokol yang mudah dimengerti dan dipahami dengan baik, bahasa jawa. Hihihihi...
Rasanya seperti pindah sekolah aja deh. Tapi bedanya ini ketemunya tiap malem dalam keadaan capek dan ngantuk.
Selain alasan pertemanan yang terlalu kuat, kelas karyawan di Budi Luhur itu terjangkau. Gak mencekik leher, apalagi sebagai lulusan SMK yang masih dilirik sebelah mata dalam hal gaji. Dengan sistem periode (satu semester ada 3-4 periode), pembayaran biaya kuliah juga lebih ringan dan longgar.
Antara kelas reguler dan karyawan pun pada akhirnya mempunyai ijazah yang sama kok, tidak dibedakan. Beban untuk lulus juga sama, yang membedakan hanya selama proses belajar mengajar saja.
Minusnya juga ada, karena Budi Luhur ini akreditasinya gak bagus-bagus banget. Masih standar-lah. Tapi Alhamdulillah untuk SI masih lebih baik dari TI, yaitu B.
Satu lagi, menurutku wajib untuk punya basic ilmu dari jurusan yang diambil. Kalau gak, bakalan keblinger. Bagaimanapun kelas karyawan punya speed lebih cepat, jadi gak ada banyak waktu untuk bereksperimen ini itu. Beda dengan sistem semester yang relatif lebih panjang. Belum lagi masalah jam kuliah yang 'after office hour', terasa banget menyita tenaga dan konsentrasi.

Review Kuliah :
Selama kuliah, peran teman-teman sangat besar. Intinya sih bisa bertahan juga karena teman-teman. Bahu-membahu dan saling menyemangati diri dalam bentuk 'joke' merupakan hal lumrah yang acap kami lakukan.
Satu lagi, tak bisa aku pungkiri peran Mas Niko juga banyak. Karena memang aku dan dia mengawali kuliah bareng. Pernah saling mengingatkan untuk fokus dan tetap semangat meraih gelar sarjana. Hingga pada akhirnya gak jalan bareng lagi dan otomatis gak kuliah bareng lagi...tetap rasa terima kasih terselip buat dia. Makasih ya Mas Niko.
Dosen di BL Roxy juga bisa dibilang flexibel meskipun beberapa tetap gak bisa ditawar. Termasuk yang jadi pembimbing skripsiku :D
Masing-masing dosen memberikan kesan berbeda. Ada yang enak banget, enak, biasa, sampe bikin jengkel. Yang bikin jengkel itu bukan yang tipe 'gak bisa ditawar' tetapi yang tipenya biasa aja tapi ujug-ujug nilai yang keluar jelek. Waaaah...bikin emosi aja nih. Apalagi dia adalah dosen pasaran, maksudnya bisa ngajar banyak mata kuliah.
Ah...tetapi tetap rasa terima kasih harus dilekatkan. Berkat beliau-beliau inilah banyak ilmu bisa aku dapatkan :D
Berangkat dan pulang kuliah juga perjuangan banget. 2 tahun pertama sih enak-enak aja karena selalu barengan ama Mas Niko. Lambat laun aku mencoba berangkat sendiri, apalagi setelah gak jalan bareng lagi. Berangkat dan pulang benar-benar sendiri.
Kadang kalo berangkat ke kampus, turun mikrolet udah nggliyeng aja karena mabok darat. Macet kagak nahan, bikin perut berasa dikocok-kocok. Gak jarang juga tidur pulas di mikrolet, bodo amat mikrolet menerjang polisi tidur, zzzzzz....
Kalau pulang masih relatif enak, karena naik taksi patungan sama temen-temen.

Berasa banget tuh pas skripsi. Meskipun cuma sekali seminggu tetep aja, berasaaaa banget. Berangkatnya macet, pulangnya jadi malam banget.

Pulangnya mesti deg-deg-an. Jam 11 - 12 malam mana ada angkot berkeliaran lagi. Kalo ada juga aku gak bakalan berani naik. Nemuin sopir blue bird yang mau narik jam segitu juga rada susah. Kalau ada pun kadang udah terkantuk-kantuk. Alhamdulillah ada beberapa taksi yang stand by di depan kampus, taksi langgananku dan temen-temen kalau pulang kampus di jam normal. Meskipun rada-rada ragu karena bukan blue bird, tapi ya gimana lagi. No one else. Pasrah aja deh rasanya...Alhamdulillah ya... aku selalu selamat sampai kosan.

Review Skripsi :
Perjuangan banget dah....
Tahun 2011 adalah tahun perjuangan buat aku. Berjuang biar bisa ikutan skripsi tahun 2011, perjuangan menyelesaikan skripsi dan perjuangan biar bisa wisuda.
Daftar skripsi gak semena-mena bisa daftar begitu saja. Gak buat aku yang tengah mengambil 2 sks di periode berjalan saat pendaftaran skripsi dibuka. Perlu usaha sana-sini untuk bisa mendaftar. Mesti ke kaprodi, ke bagian admin BL Roxy. Ouch...muter-muter gak karuan. Di hari-hari terakhir, disetujui juga untuk bisa ikutan.
Bimbingan pertama begitu mengena. Susah rasanya menjelaskan ke pembimbing mengenai bisnis proses yang aku angkat. Ya memang, aku ngambil studi kasusnya di BUMN jadinya bisnis prosesnya agak berbelit-belit. Tapi oke juga donk akhirnya. Makin lancar dan kaya jalan tol aja.
Maju sidang dengan tingkat ke-PD-an 90% malah. Wkwwkwk.. somse...
Alhamdulillah selama sidang lancar, revisi juga lancar. Sidang hari Kamis tanggal 30 Juni 2011, revisi selesai Jum'at 1 Juli 2011 langsung dikumpulkan ke perpustakaan. Pak Goenawan benar-benar sangat membantu banget sebagai pembimbing.
Giliran daftar wisuda juga ribet banget. Masalahnya semua menjadi gak gampang buat aku yang memang bukan mahasiswa kampus pusat dan mesti kerja pula. Jadi sekalinya ijin ke kantor, di hari itu pula harus kelar. Selama proses daftar sampai ambil ijazah semuanya serba ribet deh. Berasa bolak-balik ke kampus pusat.

Anyway... ternyata begitulah kesan selama kuliah :D
Ada banyak duka ada banyak suka.
Alhamdulillah S.Kom ditangan.

1 comment:

Demen Makan said...

Kamu jurusan SI apa TI kak?