Daisypath Anniversary tickers

16 May 2012

Cara Mendaftar Pengadaan di eProcurement PLN

Yang harus diperhatikan untuk semua penyedia barang/jasa yang berminat mengikuti pengadaan PLN, status perusahaan Anda harus rekanan yang sudah disetujui.
Bagaimana langkah-langkah pendaftarannya? Klik disini.
Bagaimana cara mengisi form registrasi online-nya? Klik disini.

Mendaftar Pelelangan di PLN melalui aplikasi eProcurement.
Untuk melihat apa saja pelelangan yang sedang diadakan di PLN, bisa dicek melalui websitenya. Klik disini untuk tautannya.
Di bagian portal, ditampilkan 5 pengumuman pelelangan terbaru. Untuk melihat yang lainnya bisa klik di pindah halaman atau cari berdasarkan nama wilayah.



Setelah mendapatkan pelelangan yang diminati, klik di judul atau nama pengadaannya (warna biru). Perhatikan gambar di bawah.



Lalu akan tampil detil informasi pelelangannya. Klik tombol DETIL PELELANGAN untuk melihat keterangan lebih detilnya mengenai pelelangan tersebut.
Yang harus diperhatikan dalam halaman ini adalah tabel JADWAL PELELANGAN.
Catat baik-baik tanggal dan jam untuk Pengambilan Dokumen, untuk pelelangan dengan metode pasca kualifikasi juga tanggal dan jam Pendaftaran Kualifikasi untuk pelelangan dengan metode pra kualifikasi.

Sesuai dengan informasi yang di dapat pada halaman detil pelelangan tersebut, maka untuk pelelangan :
- Pasca Kualifikasi, pendaftaran lelang melalui eproc bisa dimulai sesuai dengan jadwal yang tertera pada Pengambilan Dokumen.
- Pra Kualifikasi, pendaftaran lelang melalui eproc bisa dimulai sesuai dengan jadwal yang tertera pada Pendfataran Kualifikasi.
Dan yang perlu diperhatikan lagi, ketika nanti rekanan login dan melihat ke menu Pengumuman Kualifikasi dan Pengumuman Pengadaan, data pelelangan tersebut hanya akan tampil pada tanggal dan jam yang tetera. Sebelum atau setelah lewat jadwal tersebut maka akan otomatis hilang dari daftar.

Maka langkah selanjutnya setelah memperoleh informasi detil tersebut, pada jadwal yang sesuai seperti yang telah saya jelaskan di atas, penyedia barang/jasa harus mendaftar pelelangan secara online melalui eproc.
Diawali dengan login ke aplikasi eProcurement PLN.
Untuk pelelangan dengan metode pra kualifikasi, penyedia barang jasa bisa pilih menu Pengadaan Rekanan - Fungsi Pengadaan - Pra Pengadaan - Pengumuman Kualifikasi.
Sedangkan untuk pelelangan dengan metode pasca, pilih menu Pengadaan Rekanan - Fungsi Pengadaan -Proses Pengadaan - Pengumuman Pengadaan.
Pada halaman tersebut akan ditampilkan 10 pelelangan terbaru. Untuk pelelangan lainnya bisa menggunakan fasilitas pindah halaman atau langsung pilih nama wilayah jika sudah mengetahui diadakan di PLN wilayah mana.
Pada pelelangan yang dimaksud, klik icon detil (gambar pensil). Maka akan ditampilkan detil pelelangannya. Untuk mendaftar klik tombol DAFTAR PELELANGAN. Lalu klik OK jika yakin ingin mendaftar.
Setelah itu akan tampil halaman konfirmasi bahwa perusahaan Anda sukses mendaftar pelelangan. Klik tombol CETAK untuk dijadikan sebagai bukti pendaftaran yang nantinya akan digunakan untuk mengambil dokumen.

Yang biasanya terjadi dalam kasus ini, penyedia barang/jasa lupa atau sengaja tidak langsung mencetak halaman konfirmasi tersebut, padahal penting fungsinya untuk melanjutkan proses pendaftaran lelang.
Jika terjadi hal tersebut, penyedia barang/jasa masih bisa mencetak kembali bukti registrasi pengadaan selama jadwal pendaftaran masih berlangsung. Caranya sama seperti pada saat mendaftar, pilih pengadaannya, apabila sudah tampil informasi detil pengadaan klik tombol CETAK.

Kenapa bukti cetak registrasi online ini menjadi penting?
Karena tanpa bukti registrasi ini, Anda tidak diperkenankan mengambil dokumen.

Okay, selesai sampai disini untuk informasi mengenai pendaftaran pelelangan secara online melalui eProcurement PLN.

Selanjutnya yaitu mendaftar pengadaan dengan metode pemilihan/seleksi langsung dan penunjukan langsung.
Pada dasarnya cara daftarnya sama. Yang membedakan untuk pemilihan/seleksi langsung dan penunjukan langsung, penyedia barang/jasa diundang. Nah..untuk mengkonfirmasi undangan tersebut penyedia barang/jasa harus login ke aplikasi eProcurement PLN.
Sesuai dengan jadwal pendaftaran yang telah disampaikan oleh panitia pengadaan, pilih menu undangan kualifikasi untuk pengadaan dengan pra kualifikasi atau undangan pengadaan untuk pengadaan dengan pasca kualifikasi.
Langkah selanjutnya sama saja dengan pelelangan.

Jadi kesimpulannya :
Untuk pelelangan : pendaftarannya lewat menu pengumuman kualifikasi dan pengumuman pengadaan.
Untuk pemilihan/seleksi langsung dan penunjukan langsung : pendaftarannya menggunakan undangan kualifikasi dan undangan pengadaan.

Demikian tutorial seputar eProcurement PLN kali ini. Mari kita sambung kembali untuk tutorial selanjutnya.

No comments: